PENGARUH MEMBACA AL-QUR’AN SECARA PERIODIK TERHADAP ANSIETAS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Prevalensi ansietas pada mahasiswa kedokteran lebih besar dibanding dengan gangguan kesehatan mental yang lain semacam depresi serta stres. Pengobatan nonfarmakologis diyakini memiliki efek samping yang lebih rendah, lebih aman serta dapat dipergunakan dengan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membaca Al-Qur’an secara periodik terhadap ansietas pada mahasiswa pendidikan dokter. Penelitian ini memberikan intervensi terhadap kelompok eksperimen berupa membaca Al-Qur’an secara periodik serta menyediakan kelompok kontrol sebagai pembanding. Data diambil dari kuesioner BAI (Beck Anxiety Inventory) dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen mendapatkan hasil signifikan antara membaca Al-Qur’an secara periodik terhadap ansietas (p=0,024) pada mahasiswa pendidikan dokter Universitas Sriwijaya. Sedangkan pada kelompok kontrol mendapatkan hasil tidak signifikan (p=0,066). Adanya pengaruh membaca Al-Qur’an secara periodik terhadap ansietas. Sehingga Al-Qur’an dapat dimanfaatkan untuk menurunkan ansietas pada mahasiswa pendidikan dokter.